Rabu, 22 Februari 2017

Karya Tulis Lingkungan Bisnis

Konsultasi serta Perakitan Komputer sebagai Media Alternatif dalam Berbisnis untuk Mahasiswa


Disusun Oleh:
Nama               : Muhammad Syahrani
NIM                : 16.61.0077
Jurusan            : Bachelor of Computer and Informatics Technology 2016

UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA
JL RINGROAD UTARA CONDONG CATUR YOGYAKARTA
TELP. (0274) 884201
2017

ABSTRAKSI
Komputer kini telah menjadi salah satu alat penunjang produktivitas manusia hampir di semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga yang berusia lanjut. Komputer pada era kini pun dapat dimiliki dengan mudah dan beragam cara, mulai dari membelinya dengan satu paket lengkap, yang biasa disebut Komputer All-in-One, maupun dengan cara merakitnya sendiri dengan membeli komponen-komponennya(hardware) secara terpisah kemudian dirangkai. Kebanyakan orang cenderung memilih untuk merakit komputernya sendiri, dengan alasan bisa di kustomisasi sesuai selera, dan dapat memaksimalkan budget yang kita punya, dengan kata lain, persentase untuk membeli barang yang overprice bisa ditekan dibanding membeli komputer yang langsung jadi(All-in-One Computer).
Namun, masalah yang banyak juga dihadapi oleh para khalayak ramai era kini adalah minimnya pengetahuan tentang tata cara untuk merakit komputernya sendiri meskipun mereka telah kenyang informasi mengenai hardware-hardware dan komponen komputer, bahkan ada diantara kita yang sudah paham cara merakitnya, namun enggan melakukan sendiri karena malas, sibuk, dan alasan lainnya. Karena itu, yang namanya merakit diperlukan aksi, bukan hanya sekedar teori belaka.

ISI
A.    Perakitan Komputer sebagai Media Bisnis Alternatif bagi Mahasiswa
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi .( V. Carl Hamacher, Zvonko G. Vranesic, Safwat G. Zaky, Computer Organization (5th Edition), McGraw-Hill, 2001.). Komputer juga dapat melakukan berbagai tugas, seperti menerima input, memproses input sesuai perintah, menyimpan perintah, menyediakan output dalam bentuk informasi, dan bekerja secara otomatis.
Media Bisnis di kalangan Mahasiswa memang belum seluas jika dibandingkan dengan di kalangan Sarjana dan tingkatan di atasnya, wajar saja dikarenakan fokus utama Mahasiswa adalah menuntut ilmu untuk kemudian bisa diterapkan dalam dunia kerja selepas lulus. Namun dengan hal itu, bukan berarti Mahasiswa tidak bisa memulai bisnis sebagai selingannya ketika sedang menuntut ilmu. Apalagi di kalangan Mahasiswa IT, banyak sekali pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan. Dalam bahasan kali ini, akan dibahas salah satunya, yaitu bisnis alternatif merakit komputer.
Keuntungan dari bisnis merakit komputer ini mungkin terhitung cukup bagi Mahasiswa, dikarenakan berbagai faktor yang juga mendukung. Diantaranya adalah bisnis ini bisa dibilang tidak memerlukan modal yang besar. Modal terpenting adalah niat, pengetahuan tentang komputer, pengalaman merakit PC (Cara merakit komputer umumnya tidak akan mudah saat pertama kali mencoba. Mungkin akan ada beberapa kali trial dan error yang terjadi saat belajar merakit sendiri komputer, untuk itu dibutuhkan pengalaman.), obeng (dapat dipinjam), serta teman yang banyak (koneksi). Selain itu, bisnis ini juga tidak akan menyita begitu banyak waktu kuliah, sehingga proses pembelajaran di kampus tidak terganggu.
Oleh sebab itu, bisnis merakit komputer ini disebut sebagai salah satu alternatif dalam mencari uang bagi Mahasiswa Karena tidak membutuhkan modal yang besar, dan waktu-nya pun tidak menganggu proses pembelajaran selama kuliah.

B.     Peluang Bisnis Perakitan Komputer di Kalangan Masyarakat
Peluang bisnis merupakan kemampuan seseorang atau pebisnis untuk melihat adanya kesempatan berbisnis dari lingkungan sekitarnya. Peluang bisnis biasanya muncul ketika seseorang mempunyai niat untuk memulai suatu usaha walaupun dengan modal seadanya. Peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang dari keadan yang terdesak ataupun ide kreatifitas sendiri misalnya, seorang ibu rumah tangga yang memiliki kegemaran memasak memebuka restoran sederhana ,seorang anak muda yang gemar bermusik memebuka studio musik ,seorang bapak-bapak tua yang bekerja keras mencari nafkah walaupun hanya mengumpulkan barang-barang bekas namun ia jadikan peluang untuk bank sampah barang-barang bekas yang bisa di daur ulang bahkan menjadi peluang usahanya sekarang.
Peluang bisnis tersebut juga berlaku bagi Mahasiswa, dimana peluang itu akan muncul pada saat ia kegiatan tertentu, dalam kasus ini kegiatan perakitan komputer, bisa dijadikan sebuah bisnis alternatif yang menghasilkan profit. Peluang ini juga diperbesar oleh meningkatnya penjualan komponen komputer pada kuartal ke-IV tahun 2016, seperti yang dilaporkan oleh bagian keuangan Intel (produsen prossessor terkemuka) bahwa ada peningkatan penjualan sebesar 9,8% pada chipset mereka. Hal ini terjadi karena kondisi pasar PC yang mulai naik dan stabil dan naiknya permintaan layanan data centre. Artinya, jika penjualan komponen komputer meningkat, maka semakin banyak orang yang membeli komponen PC untuk dirakit, dan semakin banyak orang yang merakit PC, jika semakin banyak orang merakit PC, maka semakin besar peluang bisnis ini akan diterima oleh Masyarakat yang memerlukan Komputer.
Dengan kata lain, peluang usaha di bidang perakitan komputer ini masih cukup besar untuk dapat kita terjun masuk ke dalamnya.

PENUTUP
A.    Kesimpulan
1.      Bisnis merakit komputer ini disebut sebagai salah satu alternatif dalam mencari uang bagi Mahasiswa Karena tidak membutuhkan modal yang besar, dan waktu-nya pun tidak menganggu proses pembelajaran selama kuliah.

2.      Peluang usaha di bidang perakitan komputer ini masih cukup besar untuk dapat kita terjun ke dalamnya, dikarenakan pasar penjualan komputer yang semakin meningkat, sehingga menunjukkan banyaknya orang yang masih memerlukan komputer.

DAFTAR PUSTAKA






Makhfuzah, Laili. 2011. TUGAS LINGKUNGAN BISNIS. Karya Tulis pada Mata Kuliah Lingkungan Bisnis 2011.

Sudarmawan dan Dony Ariyus. 2007. Interaksi Manusia & Komputer. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar